Selasa, 02 Juli 2013

Kunjungan Wisatawan Mancanegara UEA Ke Bali Indonesia Meningkat Pesat

Pada lima bulan pertama tahun 2013, laju wisatawan mancanegara (wisman) memperlihatkan perkembangan yang positif. 

Dari laporan yang dituturkan oleh Kementerian Pariwisata serta Ekonomi kreatif (Kemanparekraf) serta Badan Pusat Statistik (BPS), sejumlah 3.180.779 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada periode Januar hingga Mei 2013.

Nilai ini memperlihatkan kenaikan sekitar 5,79 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu 3.364.885 wisman. "Wisman kita tetap meningkat cukup baik walau pastinya dalam perekonomian global yang masih dilanda kebimbangan," ungkap Mari Elka Pangestu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Sedangkan, untuk peningkatan  wisman selama bulan Mei 2013 tertulis sebanyak 700.708 wisatawan mancanegara atau meningkat 7.65 persen dari bulan yang sama tahun 2012 lalu sejumlah 650.883 wisman.

Mari menilai, hal yang mengherankan ialah wisatawan dari Uni Emirat Arab (UEA) yang memperlihatkan laju pertumbuhan yang paling tinggi pada masa selama lima bulan awal tahun 2013 ini. Wisman UEA yang berkunjung tumbuh sebanyak 81.15 persen. 

"Mengherankan, wisatawan Arab merajai periode awal 2013 ini," ungkap Mari.

Selain itu, Mari mengungkapkan selama tahun ini peningkatan wisman cukup melonjak kecuali pada  bulan Januari. Hal tersebut kemungkinan karena adanya perayaan Imlek. "Terpantau laju pertumbuhan wisman pada 2013 lebih meningkat dari tahun 2012 lalu," paparnya.


Mari menambahkan adapun pasar utama wisman yang berkunjung adalah Singapura, Australia, China, Malaysia, serta Jepang. Sedangkan untuk pasar Eropa serta beberapa negara yang terpantau memperlihatkan kenaikan positif ialah Inggris, Perancis, Jerman, serta Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar